preloader
Logo KKL 2021 Hatsag

Bank Indonesia mendukung kebijakan Pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, melalui sinergi kebijakan pemberdayaan UMKM, pengembangan pariwisata prioritas, dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Ketiga pilar strategi tersebut didukung oleh implementasi Sistem Pembayaran yang UNGGUL beserta akselerasi fiskal daerah. Strategi kebijakan tersebut diwujudkan dalam pelaksanaan flagship program Pemerintah dan Bank Indonesia, yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (G-BWI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia (G-BWI), yang disinergikan dengan flagship Bank Indonesia, Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Karya Kreatif Indonesia (KKI), dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Implementasi sinergi flagship dilaksanakan berdasarkan Pedoman Flagship Program yang telah disusun oleh Departemen Regional dan satuan kerja kantor Pusat terkait, yang terdiri dari 4 paket kegiatan yaitu Paket 1 Ekosistem Digital, Paket 2 Ekosistem Pariwisata, Paket 3 Ekosistem Halal Value Chain (HVC), dan Paket 4 Ekosistem Terintegrasi.

KPwBI Provinsi Lampung melaksanakan Program Sinergi Flagship secara bertahap, yaitu pre event (Januari s.d. 8 September 2021), event puncak (9 s.d. 12 September 2021), dan post event (13 September s.d. Desember 2021) yang mencakup berbagai kegiatan pengembangan UMKM, pariwisata, ekonomi keuangan syariah, dan ekonomi keuangan digital.

Dalam rangka event puncak Program Sinergi Flagship, KPwBI Provinsi Lampung bermaksud menyelenggarakan kegiatan Lampung Begawi pada 9 s.d. 12 September 2021 dengan mengangkat tema “Bersinergi Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi Lampung melalui Pengembangan UMKM, Pariwisata, Ekonomi Syariah dan Digital”. Adapun nama “Lampung Begawi“ mengangkat unsur budaya Lampung. Bagi masyarakat suku Lampung, Begawi memiliki makna upacara atau pekerjaan untuk perubahan yang mengarah kepada pengembangan. Sejalan dengan hal tersebut, Lampung Begawi merupakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat mewujudkan cita-cita besar bersama yaitu mengakselerasi pemulihan ekonomi Lampung melalui pengembangan UMKM, pariwisata, ekonomi keuangan syariah, dan ekonomi keuangan digital. Kegiatan ini juga mencerminkan kebersamaan antara KPwBI Provinsi Lampung dengan Pemda dan stakeholders terkait.

Tujuan penyelenggaraan Lampung Begawi adalah:

  • 1. Meningkatkan daya saing UMKM Lampung melalui pameran, capacity building dan business matching pemasaran dan akses keuangan;
  • 2. Mendukung pengembangan pariwisata Lampung melalui promosi obyek wisata potensial;
  • 3. Mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Lampung melalui penguatan literasi dan pemberdayaan pesantren;
  • 4. Mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan digital di Lampung melalui implementasi QRIS, digitalisasi UMKM, dan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP).